Selasa, 27 Oktober 2015

CARA PASANG STIKER WRAPING

STIKER WRAPING


Stiker Wraping atau bahasa kita scotlet stiker yaitu pasang stiker di body mobil atau motor. Biasanya bagi yang awam pasti akan menyerahkan pengerjaan stiker wraping ke tukang stiker. Tapi sebenarnya untuk menambah pengalaman dan pengetahuan kita, sebenarnya penempelan stiker ke body motor dan mobil tergolong pekerjaan yang mudah. Karena biasanya kita dihantui perasaan takut salah dan takut rusak atau tidak sempurna. 

Berikut Tips dari kami :

Bahan Sticker mobil sesuai kebutuhan sebagai contoh anda akan memasang sticker warna Orange doff atau Hitam Doff atau warna yang lain sesuai selera hanya pada Kap Mesin depan seumpamanya, menggunakan Jenis Sticker merk Oracal, pilih kode 651 yang banyak tersedia di toko - toko sticker di jogja, kemudian yang harus di pahami sebelum menentukan pembelian sesuai ukuran bahwa ukuran standar lebar sticker oracal dari pabriknya itu sekitar 120 cm x panjang pakai banget bisa disesuaikan menurut kebutuhan ukuran body mobil yang akan di tempel sticker.

Alat pemotong sticker seperti Cutter, yang bagus berdasarkan pengalaman kami selama menggunakan pisau cutter dengan merk SDI pilih yang ada tulisanya AUTO-LOCK (otomatis terkunci sendiri jika sudah dikeluarkan sebagian isi cutternya) kalau mata cuternya pakai KENKO lebih Fleksibel agak lentur, Tajam, mudah patah atau SDI juga tajam cuma agak kaku tapi kuat tidak mudah patah.

Alat penggosok Sticker atau biasa kita sebut Rakel untuk melekatkan sticker pada body mobil, bisa dengan merk Orafol, 3M, yang memang sudah di desain standar menyesuaikan kegunaan dalam proses Mengaplikasikan Car Wrapping Sticker Bisa dibeli di toko sticker atau membuat sendiri dengan bahan yang dibalut kain. kalau nggak ada gunakan kain lembut yang di gulungkan ke jari, atau yang lebih fleksibel lagi gunakan sarung tangan kain yangg lembut.


Mesin Pemanas atau Hot Gun, alternativ lain bisa dengan Hair Dryer pemanas rambut, kalau terpaksa nggak ada gunakan korek api gas dengan catatan jika media body mobil yang di pasang sticker agak datar tidak banyak lekukan karena kalau menempelkan sticker pada body yang tidak datar harus menggunakan Alat Pemanas, untuk mengkerutkan volume sticker atau mengulur sticker, atau untuk memulihkan permukaan sticker yang rusak akibat lipatan lipatan kecil yang nggak karuan

Sebelum kita mengeksekusi menempelkan Sticker pada Body Mobil usahakan permukaan body dalam keadaan steril, bersih dari debu dan kotoran sekecil apapun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, terutama bagian - bagian lekukan bagian dalam, juga bersih dari berbagai bekas minyak seperti Kit, Lemak, Obat Poles Mobil, dll. Cara membersihkanya bisa dengan Air sabun Colet, atau Air shampo, menggunakan kain lembut kemudian di kanebo. kalau sudah kering kita ulangi pembersihan dengan alkohol pembersih, atau bensin. setelah kita coba dengan meraba body mobil trasa sudah halus mulai kita Tempelkan Sticker yang sudah kita persiapkan.

Sebelum kita memulai penempelkan sticker potong dulu, sesuaikan dulu ukuran Sticker dengan ukuran body mobil minimal kita sisakan luas ukuran Stickernya 5 cm keliling. kemudian kita letakkan persis menutupi semua permukaan body mobil yang akan di tempel sticker, kalau sudah kemudian kita kancing 2 sudut terserah mau sebelah kiri dulu atau sebelah kanan kemudian kita kacing juga bagian pinggir bagian tengah, atas dan bawah menggunakan solasi kertas atau bisa dengan sisa potongan stiker yang tidak terpakai. Setelah itu kita buka lembaran sticker bagian yang tidak terkancing, kalau sudah kita lepas dengan merobek kertas pelapis Sticker dari bagian tengah secara vertikal kurang lebih selebar 5 sampai  10 cm yang penting sudah bisa buat menempelkan untuk permulaan memulai menggosok dengan rakel sedikit demi sedikit dengan gerakan teratur seperti menyisir agak miring dengan tangan kanan dan tangan kiri untuk mengangkat sedikit sticker dari permukaan body mobil. Catatan untuk Wrapping Mobil menggunakan sticker polos (satu warna) tidak harus dimulai dari tengah, tetapi jika sticker yang akan di pasang adalah sticker branding digital printing dengan desain gambar atau tulisan logo simetris paling tepat untuk hasil penempelan yang juga simetris di mulai dari tengah ke arah menyamping karena sifat sticker yang semakir mulur disaat di gosok. Hal selanjutnya yang harus kita lakukan saat menggosok sticker jangan sampai ada angin sedikitpun yang tertinggal di balik sticker yang sudah menempel, 2 mili saja terlewati gerakan pada saat menggosok pasti akan memyebabkan gelembung udara yang terjebak dibalik sticker yang sudah nempel, terus ulangi sedikit demi sedikit hingga semua permukaan sticker menempel ke Body Mobil. usahakan lebih mendahulukan permukaan body mobil yang lebih sempit ke arah yang lebar. rumusnya seperti huruf V dari arah bawah keatas, atau seperti tanda > dimulai dari kanan kekiri karena prinsip dasar karakter sticker itu lebih mudah untuk di ulur melebar dari pada di persempit. Jangan ragu melepas lagi jika belum rata dan masih ada gelembung, gelembung udara yang sudah terlanjur di tengah biarkan saja nanti pada proses vinising kita eksekusi dengan cara kita panasi kemudian kita coblos dengan ujung pisau carter atau jarum kemudian kita tekan dengan unjung jari mudahkan.. Selamat mencoba Tips cara mudah Memasang Sticker Mobil milik anda Sendiri semoga berhasil ngeWrapping Mobil Mewah Kesayangan anda sendiri dengan keren.