Selasa, 27 Oktober 2015

Pilih Toyota Agya atau Daihatsu Ayla





Memang benar bahwa Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikembangkan bersama dan menjadi produk kembar seperti halnya Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Namun bukan berarti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak meiliki perbedaan.
Toyota Agya dan Daihatsu Ayla justru memiliki perbedaan yang signifikan baik dari sisi desain luar maupun fitur yang ada didalamnya. Berikut ini adalah beberapa Perbedaan Antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla:
Kita tentunya tahu bahwa grill, bemper, dan fog lamp Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berbeda dalam hal desain. Toyota Agya grill memilih model smile yang elegant sedangkan Daihatsu Ayla memilih grill yang tinggi dari kap mesin hingga bemper bawah sehingga tampa sporty.
Walaupun keduanya mengeluarkan 6 pilihan warna yang sama namun untuk official color saat peluncuran keduanya memilih official color yang beda. Agya memilih Dark Blue metallic sedangkan Ayla menggunakan Light blue metallic.
Logo emblem Toyota Agya berdesain burung garuda berbingkai elips sedangkan pada Daihatsu Ayla berbentuk menyerupai huruf A berbingkai elips.
Pada emblem belakang, Toyota Agya menempelkan logo "Astra Toyota" sedang Daihatsu Ayla menempelkan logo "Astra Daihatsu". Fitur Daihatsu Ayla tidak dipasang airbag sedangkan Agya terpasang.
Dari segi harga Daihatsu Ayla dibanderol Rp.75jutaan hingga Rp.105jutaan. Sedangkan Toyota Agya harga resminya 99 jutaan hingga 120 jutaan.

Kelemahan & Keunggulan
Daihatsu Ayla dan Toyota Agya benar-benar menghipnotis pengunjung pameran Indonesia International Motor Show dan pecinta otomotif di Tanah Air. Selain harganya yang miring, bentuknya futuristik, fitur-fiturnya pun menawan.;
Namun, setiap produk otomotif pasti memiliki kelemahan. Apakah kelemahan Agya dan Ayla:
  • Dengan cc yang kecil untuk ukuran mobil citycar maka tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu besar yakni 65 ps saja.
  • Akselerasi dirasa masih lambat, untuk mencapai speed 100km/jam memerlukan waktu sekitar 14detik.
  • Mobil memiliki bobot yang terlalu ringan sehingga memang tidak cocok untuk akselerasi cepat.
  • Fitur sangat sederhana bahkan pada Daihatsu Ayla type termurah tidak tersedia fitur airbag dan AC.
Adapun, kelebihannya adalah:
  • Agya dan Ayla dirancang dengan tidak asal asalan jadi melainkan membutuhkan waktu pengembangan selama tiga tahun sehingga dari segi keamanan dan kenyamanan mobil ini bisa diandalkan.
  • Agya dan Ayla terikat dengan peraturan Low Cost and Green Car (LCGC) sehingga harganya murah dan ramah lingkungan.
  • Agya dan Ayla sangat irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena menggunakan mesin 1000cc.Untuk mencapai 30 km hanya membutuhkan 1 liter bensin
  • Agya dan Ayla menngunakan logo/emblem dan nama asli Indonesia. Agya berasal dari bahasa sanskerta yang artinya cepat sedangkan Ayla berarti Cahaya. Toyota Agya menggunakan logo burung garuda sedangkan Daihatsu Ayla menggunakan logo huruf A
  • Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dapat menjawab keinginan masyarakat tentang mobil murah dan terjangkau dari sisi harga sangat cocok bagi keadaan ekonomi bangsa Indonesia saat ini.
  • Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki interior yang luas dan nyaman dan memiliki kapasitas 5 penumpang.
  • Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikerjakan dengan persentase 84% Indonesia sehingga bisa kita sebut ini merupakan proyek mobil nasional.